Home » » Tumbuh dan Perawatan Tanaman LADA

Tumbuh dan Perawatan Tanaman LADA

Posted by ANEKA TANAMAN KEBUN on Saturday 25 March 2023

 


Lada adalah tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10-13 meter. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tumbuh dan perawatan tanaman lada:

  1. Iklim dan Tanah: Lada tumbuh optimal pada suhu antara 20-30 derajat Celsius, dengan kelembapan udara yang tinggi. Tanah yang cocok untuk tanaman lada adalah tanah yang subur, lembap, dan memiliki pH antara 5,5-7,0.

  2. Penanaman: Penanaman lada dapat dilakukan dengan menggunakan bibit atau setek. Tanaman lada biasanya ditanam dalam pola jajar legowo atau pola kotak dengan jarak tanam antar tanaman sekitar 2-3 meter. Setiap lubang tanam perlu diisi dengan pupuk organik dan diberi air secukupnya.

  3. Pemangkasan: Pemangkasan adalah hal yang penting dalam perawatan lada. Pemangkasan dilakukan untuk membuang daun-daun yang rusak dan memastikan agar tanaman tetap rimbun. Pemangkasan juga diperlukan untuk memfasilitasi aerasi dan pencahayaan yang cukup pada tanaman.

  4. Pemberian Pupuk: Pemberian pupuk yang tepat dan teratur sangat penting untuk memastikan tanaman lada tumbuh dengan optimal. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk kimia. Pemberian pupuk dilakukan secara teratur dan disesuaikan dengan kondisi tanah dan kebutuhan tanaman.

  5. Pengendalian Hama dan Penyakit: Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman lada perlu dilakukan secara teratur. Beberapa hama yang dapat menyerang tanaman lada antara lain kutu daun, tungau, dan belalang. Sedangkan penyakit yang dapat menyerang lada antara lain jamur dan virus. Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan cara menggunakan pestisida atau dengan cara pengendalian organik.

  6. Pemanenan: Lada biasanya siap untuk dipanen setelah 3-4 tahun ditanam. Buah lada dipanen ketika sudah matang dan berwarna hijau atau merah tergantung pada jenis lada yang dibudidayakan. Buah lada kemudian diolah menjadi lada kering atau lada hitam.

Dengan melakukan perawatan yang baik, tanaman lada dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Perawatan yang tepat akan membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman lada sehingga petani dapat memperoleh hasil yang optimal.

Thanks for reading & sharing ANEKA TANAMAN KEBUN

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Banner

banner
Powered by Blogger.

Statistik

Contact Form

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Blog Archive

Pengunjung

banner image

Translate

Facebook