Home » » Manfaat JAHE

Manfaat JAHE

Posted by ANEKA TANAMAN KEBUN on Tuesday 19 May 2020






Manfaat tanaman jahe

Rimpang jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit kembang gula dan berbagai minuman.

Jahe juga dapat digunakan pada industri pengobatan, digunakan juga sebagai  minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe dan sirup.

Dewasa ini para petani cabe menggunakan jahe sebagai pestisida alami, dalam perdagangan yang dijual dalam bentuk segar kering.  Jahe bubuk dan awetan jahe di samping itu terdapat hasil olahan jahe seperti minyak astiri yang diperoleh dengan cara penyulingan yang berguna sebagai bahan pencampur dalam minuman beralkohol


Adapun manfaat secara farmakologi antara lain adalah sebagai karminativa peluruh kentut, anti muntah dan kejang, pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit antipiretik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

Sentra penanaman

Terdapat di seluruh Indonesia ditanam di kebun dan di pekarangan. Pada saat ini telah banyak dibudidayakan di Australia, Srilanka, China, Mesir, Yunani, india, indonesia, Jamaica, Jepang, Mexico, Nigeria, Pakistan.

Jahe dari Jamaika mempunyai kualitas tertinggi sedangkan India merupakan negara produsen jahe terbesar yaitu lebih dari 50% dari total produksi jahe dunia

Syarat pertumbuhan

Iklim
Tanaman jahe membutuhkan curah hujan relatif tinggi yaitu antara 2.500 sampai 4000 mm per tahun
Pada umur 2,5 sampai 7 bulan atau lebih tanaman jahe memerlukan sinar matahari dengan kata lain penanaman jahe dilakukan di tempat yang terbuka sehingga mendapat sinar matahari sepanjang hari

Suhu udara optimum untuk budidaya tanaman jahe antara 20 sampai 30 derajat Celcius

Media tanam
Tanaman jahe paling cocok ditanam pada tanah yang subur gembur dan banyak mengandung humus
Tekstur tanah yang baik adalah lempung berpasir liat berpasir dan tanah laterit
Tanaman jahe dapat tumbuh pada ke asaman tanah atau PH sekitar 4,3 sampai 7,4 tapi ke asaman tanah optimum untuk jahe gajah adalah 6,8 sampai 7,0.









Thanks for reading & sharing ANEKA TANAMAN KEBUN

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Banner

banner
Powered by Blogger.

Statistik

Contact Form

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Blog Archive

Pengunjung

banner image

Translate

Facebook