Home » » Pengolahan media tanam pada tanaman JAHE dengan Benar

Pengolahan media tanam pada tanaman JAHE dengan Benar

Posted by ANEKA TANAMAN KEBUN on Wednesday 20 May 2020



Persiapan lahan

Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal harus diperhatikan syarat-syarat tumbuh yang dibutuhkan tanaman jahe.

Bila keasamaan tanah yang ada tidak sesuai dengan keasamaan tanah yang dibutuhkan tanaman jahe, maka harus ditambah atau dikurangi keasamaan dengan kapur.

Pembukaan lahan

Tanah diawali dengan dibajak sedalam kurang lebih dari 30 cm dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi tanah yang gembur, kemudian membersihkan tanaman yang mengganggu.

Tanah dibiarkan 2 sampai 4 Minggu agar gas-gas beracun menguap serta bibit penyakit dan hama akan mati terkena sinar matahari.

Apabila pada pengolahan tanah pertama dirasakan belum juga gembur, dapat dilakukan pengolahan tanah yang kedua sekitar 2 sampai 3 minggu se belum tanam dan sekaligus diberikan pupuk kandang dengan dosis 1500-2500 kg.

Pembentukan bedengan

Pada daerah yang kondisi air tanahnya tidak bagus gus mencegah genangan air, sebaiknya tanah diolah menjadi bedengan bedengan 20 sampai 30 cm, lebar 80 sampai 100 cm, sedangkan panjangnya disesuaikan dengan kondisi lahan.

BACA JUGA:
1. Pengolahan media tanam pada tanaman Jahe dengan benar
2. Budidaya tanaman JAHE dengan benar
3. Manfaat JAHE


Pengapuran

Pada tanah dengan PH rendah, sebagian besar unsur unsur hara di dalamnya, terutama fosfor dan kalsium dalam keadaan tidak tersedia atau sulit diserap. Kondisi tanah yang masam ini dapat menjadi media perkembangan beberapa penyakit. Pengapuran berfungsi menambah unsur kalium yang sangat diperlukan tanaman sebutkan bagian tanaman yang berkayu, merangsang pembentukan bulu-bulu akar, mempertebal dinding sel buah, dan merangsang pembentukan biji.

Thanks for reading & sharing ANEKA TANAMAN KEBUN

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Banner

banner
Powered by Blogger.

Statistik

Contact Form

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Blog Archive

Pengunjung

banner image

Translate

Facebook